Mohon Maaf Atas tidak Kenyamanan AndaDemo blog. Untuk sementara blog ini hanya di gunakan sebagai blog Demo

Rabu, 31 Oktober 2012

cara menyablon kaos



Cara Menyablon Kaos Teknik Manual. Teknik menyablon memang bukan hal yang bisa dilakukan setiap orang, butuh keahlian dan latihan agar bisa menyablon dengan benar dan bagus. mau tau bagaimana sich.. caranya.. agar sablon terlihat bagus dan menarik, nie saya kasih tips&trick nya.,,.,

1. Penyetingan gambar/fail
Siapkan gambar yang akan di sablon sebelum dicetak sablon, kemudian edit berdasarkan warna masing-masing, dalam hal ini biasanya menggunakan program coreldraw dan photoshop.

2.Tahap afdrug (pefilm-an)

Tahap ini meliputi pemberian obat, pencahayaan screen/pefilm-an, dan pencucian obat pada screen. Di dalam tahap pemberian obat kita membutuhkan alat-alat antara lain berupa:
-screen
-obat afduk
-kipas angin/blower
-alat perata screen/bekas berda kartu juga bisa

Siapkan obat afdruk secukupnya karna obat afrug akan mudah basi bila sudah tercampur dengan seticecar,cara mencampurkan seicear(dosis sesuai anjuran di kotak box-nya). Setelah obat tersebut tercampur dengan rata tuangkan sedikit demi sedikit pada screen dan ratakan setipis-tipisnya, kemudian screen tersebut kita keringkan dengan menggunakan kipas angin atau blower. di dalam pengeringan ini screen tidak boleh terkena sinar matahari (ruang tertutup). setelah itu proses pencahayaan screen/pefilm-an.
Yang dibutuhkan sebagai berikut:
-kaca
-gambar yg telah diedit
-screen
-kain dengan warna hitam
-busa screen
-papan

Pertama kita ambil papan terlebih dahulu, taruh busa di atas papan kemudian taruh kain warna hitam di atas busa tersebut. Kemudian, screen yang telah kita siapkan kemudian taruh screen diatas kain berwarna hitam setelah itu kita ambil gambar yang telah diedit dan tempel diatas screen, sebelum gambar tersebut kita tempel di screen terlebih dahulu kita oleskan dengan minyak sayur diatas mermukaan nya, hal ini dilakukan  pada settingan/gambar agar terlihat transfaran setelah itu lapisi fail/gambar dengan kertas untuk mengurangi kadar minyak tersebut. lalu taruh kaca diatas screen. Urutan dari bawah ke atas adalah:
1.papan
2.busa screen
3.kain berwarna hitam
4.screen
5.gambar
6.kaca

Next, sinari screen dengan sinar matahari sekitar 30 sampai 40 detik. karena jika terlalu lama dalam penyinaran, pefilm-an screen akan gagal, Setelah disinari, maka screen tersebut harus kita cuci untuk membersihkan bekas-bekas obat. Dibutuhkan alat penyemprot seperti thodor fungsinya untuk membersihkan bekas obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen.


3.Tahap penyablonan / Teknik Sablon
Pada tahap ini, alat-alat yang kita butuhkan antara lain:
-screen(yang telah difilm)
-cat berbasis air seperti raber dll.
-meja berkaca/dilapisi dengan spoon
-pengunci screen/catok
-rakel(alat pengesut)
Ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca lalu siapkanlah cat-nya ,setelah itu taruh kaos atau kain yang sudah di lapisi dengan papan/treplek, proses selanjutnya tuangkan cat-nya diatas screen, lalu gesut dengan rakel setelah itu lihat hasil nya apakah sudah sesuai dengan yang kita inginkan

Semoga bermanfaat

2 komentar:

terima kasih atas komentar anda